Local Market 2.0 (Semarang)

05.57.00



LOCAL MARKET SEMARANG 2.0

Halo sobat indie, sudah tahu tentang event keren dari Kota Atlas yang akan di bahas kali ini? salah satu event tahunan yang di selenggarakan di Kota Semarang ini merupakan  suatu pagelaran pasar local yang diadakan oleh Local Production dan Komunitas Clothing Semarang.
Dalam event ini melibatkan beberapa pelaku industri kreatif di Kota Semarang dan sekitarnya dan juga mengajak komunitas-komunitas dari berbagai aspek. Dengan tujuan mengenalkan produk-produk dari pelaku indutri kreatif kepada masarakat luas yang tidak kalah kualitasnya, oleh karena itu Local Market menjadi wadah bagi mereka untuk mempromosikan, memperkenalkan produk mereka dan juga menjadi tempat bersosialisasi bagi mereka pegiat industry kreatif satu sama lain dan dengan pengunjung acara itu sendiri. Dengan menyediakan wadah untuk mereka dalam satu event di satu tempat saja.
Bukan hanya sebatas pameran industry kreatif saja, di Local Market kali ini juga akan banyak hiburan diantaranya ada musik, workshop, dan lain lain. Untuk musik sendiri yang di tampilkan disini merupakan band dari Semarang dan sekitarnya, jadi benar-benar terasa atmosfir dari Kota Semarang. Dari sini bisa di Tarik kesimpulan yaitu Local Market adalah acara untuk mengenalkan berbagai skena di Semarang.
Misi utama dari Local Market sendiri selain mengenalkan produk dari industry keatif, acara ini juga bertujuan untuk menghidupkan lagi berbagai komunitas yang ada di Semarang. Acara ini akan terus di adakan setiap tahun dan pastinya dengan konsep dan berbagai kejutan nantinya. Untuk fasilitas di Local Market sendiri akan terus di tingkatkan karena ingin sekelas Jakcoth di Jakarta dengan hiburan yang lebih lagi meliputi band yang akan di undang, sedikit bocoran buat kalian aka nada special guest band nasional, sipakah guest star nya untuk acra yang akan datang? Kita tunggu saja dan pastinya akan terus melibatkan pejuang indie lokal dan ikuti terus info seputar Local Market dangan follow instagramnuya di localmarketsmg.
Teruntuk kalian yang punya band siapkan materi fisik dan terus berlatih karena event yang akan datang tahun depan bakalan ada audisi untuk band dan aka nada booth special untuk kalian yang sudah mempunyai rilisan fisik atau merchandise bisa dititipkan di booth yang tersedia untu band dari Semarang dan sekitarnya. Dan satu lagi yang sangat di tunggu-tunggu yaitu aka nada nya kuis berhadiah bagi siapa saja pengunjung yang beruntung.
Berikutnya tentang pendapat dari beberapa tenant dan  penngunjung yang akan kami paparkan dibawah ini,dan di antaranya ada juga brand dari luar kota Semarang yang ikut berpartisipasi di Local Market 2.0, ada dari CROOZ, FAKELAB, PATRICK STORIES, dan BLACK BOX 08.
Pertama dari brand asal Kota Semarang yaitu ada Patrick Stories salah satu brand dengan design unik menonjolkan art yang sangat elegan dan di Local Market kali ini adalah kesempatan mereaka untuk pertama kalinya berpartisipasi. Dan kenapa Patrick Stories ini mau ikut dalam acara ini? Karena mereka ingin menambah mangsa pasar di kota nya sendiri dan lebih mengenalkan brand mereka ke khalayak ramai di Kota Atlas ini, dengan keunggulan mereka dalam sudut pandang design yang bisa dibilang beda dengan yang lain yang ada di Local Market 2.0 jadi ini lah yang membuat mereka yakin akan mampu bersaing di sebuah event yang di adakan setahun sekali ini. Harapannya untuk Local Market dari Patrick Stories selaku tenat sendiri ini supaya lebih meningkatkan promosi dari event ini sendiri dan terutama fasilitaass untuk tenant, kemudian lebih di perbanyak untuk brand lokal agar bisa berpartisipasi di event selanjutnya.
Selanjutnya ada brand dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang juga ikut serta dalam event Local Market 2.0 yaitu Fakelab, menurut mereka event ini secara konsep sudah keren dengan mengangkan brand dan industry kreatif dari lokal Semarang dan sekitarnya. Dan lagi-lagi kurangnya promosi dari Local Market sendiri menjadi keluhan, dan yang diharapkan dari Fakelab sendiri ialah promosi offline bukan hanya online saja, dan satu lagi agar event kalau bisa di adakan 6 (enam) bulan sekali biar para pengunjung lebih mengenal apa itu Local Market. Dan Fakelab ini bukan pertama kalinya mereka ikut meramaikan event luar kota mereka, Fakelab sudah mulai ikut berpartisipasindi berbagia event (pameran clothing) di berbagai kota sejak februari lalu, dan menrut mereka pasar di Semarang sangat bagus.
Dan ada satu lagi brand yang sudah tidak asing di telinga kita, brand dari Ibukota ini juga ikut andil dalam event Local Market 2.0 yaitu Crooz. Menurut Crooz sendiri Local Market ini scene indie nya lebih berasa dengan didominasi tenant brand lokal bukan brand major jadi subculture Kota Semarang sediri sangat terasadan konsumennya pun cukup bagus. Untuk fasilitas sendiri dari Local Market sudah memadai dan sangat layak untuk sekelas event lokal seperti ini sudah sama seperti Jakcloth dan layout sendiri sudah sangat tertata dan balance. Dan Crooz sangat berharap agar tahyn depan ada lagi dan patinya Crooz bisa berpartisipasi lagi.
Nah, sekarang kita akan bahas sedikit opini dari para pengunjung. Kebanyakan dari mereka beranggapan event Local Market ini sangat keren, bagus dan lain lain. Dan ada juga yang ingin agar di event selanjutnya diselenggarakan di tempat indoor biar kalau sewaktu-waktu hujan pengunjung tidak kerepotan. Ada juga yang menyayangkan kenpa harus di dominasi oleh brand clothing padahal di Semarang sendiri masih banyak produk unggulan lainnya, ya karena memang Local Market sendiri dibentuk oleh komunitas Clothis seperti yang sudah dijelaskan di babak pertama tadi ya. Intinya para pengunjung sangat terhibur dengan membayar tiket masuk seharga Rp.10.000 (Sepuluh ribu rupiah) saja mereka dapat bmerasakan euphoria indie dari Kota Semarang.
Terimakasih untuk Tuhan Yang Maha Esa telah memeberi saya waktu untuk menulis artikel ini, dan juga terimakasih untuk Local Market 2.0 yang sudah memberikan izin untuk meliput event nya, dan juga untuk para tenant dari brand kemudian juga para pengunjung yang mau meluangkan sedikit waktunya kemarin. Maaf jka tulisan saya berantakan dan banyak salahnya. Salam indie.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Terimakasih atass kunjungan anda, dan jangan lupa share info blog ini ke teman-temanmu, cheeers

Flickr Images

Bacaan indie merupakan suatu gagasan dari para pemuda yang peduli dengan pergerakan indie di Indonesia tentunya. Dan mereka adalah @saveindie @indienesian @kedaiindie, silahkan cek instagram kami. terimakasih