Ucok (Jupiter Shop)

08.48.00



Melirik seorang rapper asal Magelang, Jawa tengah yang mempunyai ciri khas suara rap cepat mengisi posisi rapper dalam sebuah band yang beraliran bukan Hip Hop tapi biasa mereka sebut Techno Rock, band itu ialah Jupiter Shop. Namanya Titis Purwoko yang akrab dipanggil Ucok ini yang mempunyai hobi makan, apa aja dia makan. Selain bermusik dalam band nya sekarang dia juga berkebun, terkesan lucu memang tapi inilah dia Ucok yang ternyata dulunya pernah ikut Stand Up Comedy di kampus, dan tim Bacaan Indie waktu menanyakan soal hal tersebut, begini jawaban Ucok "Iyaa pernah ikut dulu waktu kuliah,  pernah ada salah satu acara open mic di kampus tiba-tiba sama temenku didaftarin. Dan pamflet udah nyebar ke seluruh penjuru kampuss, dari situ terus sering diajakin acara open mic lainnya.  Pernah juga jadi opening komika nasional." Wah ternyata dari sisi humorisnya dia juga berprestasi, berawal dari ketidak sengajaan kemudian dengan usaha membuahkan hasil yang istimewa, karena usaha tidak akan menghianati hasil.
Nampaknya cowok berzodiak Aquarius ini memang selalu tidak sengaja, terbukti dengan alasan dia mengawali karirnya di dunia musik seakan tak jauh beda dengan cerita dia jadi komika. Akan tetapi yang namanya tidak sengaja kalo diseruisin ya jadinya akan baik.
Titis Purwoko a.k.a Ucok
Mulai bermusik sejak masih duduk dibangku sekolah, biasa anak sekolah kalau iseng ya main band, berawal dari band pensi di sekolahnya, kemudian berlanjutlah ke band yang sekarang ia masih aktif (JUPITER SHOP) " terbentuknya formasi jupitershop itu menarik, dulu aku ngefans banget sama Nemo (Vocal Jupiter Shop)  dan Gori (DJ player Jupiter Shop). Dulu mereka berdua punya group hip hop namanya Keree Street Ball" Katanya. Wow sejarah unik tercipta dan "di jaman batu itu mereka udah punya album hahaha, dan aku mesti harus wajib nonton mereka kalo mereka perform dimanapun" Sambungnya, berawal dari fans, "lalu kenal sama Nemo, di ajak rekaman di tempat Nemo dengan notabene aku belum tau apa-apa tentang rekaman dan gimana itu nge-rapp" Pungkasnya, Belajar dan terus belajar menjadikan sosok Ucok seperti sekarang ini.
Yang bikin penasaran, kenapa sih memilih ngerapp, kan lumayan sulit harus nanyi dengan tempo cepat, kaya mbah dukun komat kamit mulutnya. Harus diakui ngeraap itu tidak mudah, tapi lebih mudah dari main alat musik, seperti kata Ucok waktu ditanya soal kenapa dia memilih jadi Rapper sampai jadi jago ngerapp kaya sekarang ini "Gak pernah jago jago amat kalo maen alat band a.k.a gak bisa hahaaha,  ya ndilalah aja seneng nge-rap la wong kalo nyanyi fals" begitulah jawaban Ucok dengan logat jawanya yang khas. Intinya dia memilih ngerapp karena lebih mudah daiapada jadi vocalis soalnya suaranya agak fals.
Dengan band yang sekarang yakni Jupiter Shop, Ucok berharap bisa produktif terus dan " ya bisa ngeband terus, bisa produktif terus, musik kami bisa dikenal dan diterima baik masyarakat dan mendidik generasi muda agar lebih cerdas dalam selera musik yang benar benar musik." tegas si Ucok. Dan memang iya mendidik generasi muda dalam memilih selra musik yang cerdas tampaknya memang tersaji dalam band Jupiter Shop ini. Rapper satu ini memang terkesan tidak sengaja di awal, dengan ada nya niatan dan usaha pantang menyerah, doi ternyata mempunyai prestasi yang bisa dibilang keren ini yaitu jadi Runner-Up (juara dua) dalam ajang Rap Battle di acara LA Street Ball pada tahun 2010/2011 lalu.
Kalau kalian pengen tahu lebih lanjut siapa sih Rapper satu inu, Rapper cadas dari kota sejuta bunga, silahkan follow sosial media punya si Ucok ini, instgramnya @ucokoko . Terimaksih sudah meluangkan waktu untuk berbagi cerita dari seorang yang luar biasa ini, sampai jumpa di topik selanjutnya, salam indie.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Terimakasih atass kunjungan anda, dan jangan lupa share info blog ini ke teman-temanmu, cheeers

Flickr Images

Bacaan indie merupakan suatu gagasan dari para pemuda yang peduli dengan pergerakan indie di Indonesia tentunya. Dan mereka adalah @saveindie @indienesian @kedaiindie, silahkan cek instagram kami. terimakasih